Permainan soroja merupakan permainan yang bersifat berkelompok. Di daerah satu dan lainnya ada yang menyebutkan permainan ini dengan permaian terogon, perangkapan dan lainnya. Namun mayoritas banyak mengenal main seroja.
Dalam permaianan ini dituntut sekali kerjasama antar teman satu dan lainnya. Kemudian dalam permaianan ini juga ada istilah tim atau kelompok yang menang atau kalah.
Permainan ini bisa dimainkan minal satu kelompok dua orang. Ketangkasan berlari sangat diutamakan. Sedangkan untuk peralatan atau perlengkapan permainan cukup sederhana.
Pemain hanya butuh batas atau tanda dari kayu atau ranting kayu atau benda lainnya. Sedngakn untuk model permainan membutuhkan area permainan yang luas. Kayu atau ranting ditancapkan di tanah membuat persegi panjang.
Jarak lebar kisaran dua rentangan tangan pemain. Sedangkan panjangnya bisa tiga rentang tangan. Semakin ramai yang berpartisipasi dalam permainan ini maka keseruan dan tantangan akan tercipta.
Dalam permainan ini ada istilah satu tabong dan seterusnya. Tabong artinya point yang diperoleh setelah menyelesaikan satu sesi atau ronde dari permainan.
Untuk siapa yang menang tentu yang memiliki banyak tabong. Ke dua kelompok yang bersaing bebas menentukan mau berapa tabong yang akan dipertandingkan. Kelompok siapa yang terdahulu mengisi tabong maka dialah pemenang.
Aturan permainan :
Untuk menentukan siapa yang bermain terlebih dahulu dan yang menjaga bisa dilakukan dengan osom atau hompimpa
Yang kalah akan menjaga. Sedangkan yang menang akan bermain duluan.
Untuk yang kalah harus menjaga di setiap jarak yang telah ditentukan dengan kayu atau tanda sejenisnya di sesuaikan dengan jumlah pemain. Mereka dituntut menjaga jangan sampai batasan yang mereka tunggu dilewati lawan yang bermain duluan. Karena jika lewat maka suatu kerugian.
Sebaliknya jika dapat menangkap atau menyentuh lawan maka merekalah yang otomatis akan bermain dan mengantikan posisi lawan dan memiliki peluang mengisi poin.
Penjaga di depan, ia merupakan ketuanya yang bergerak bebas baik di posisinya di depan maupun setiap jalur amtara batas. Dituntut untuk di depan yang lincah dan jarak japaian tanganya panjang.
Para pemain di sini harus melewati setiap penjaga. Teknik dan cara bagaimana sangat bebas selama bisa melewati. Baik itu dari samping, tengah dan sebagainya.
Kedang memang dalam permainan ini sedikit mengunggu lawan atau kawan lengah untuk bisa lolos. Siapa satu di antara permain bisa melewati penjaga yang harus dari arah depan menujuu kebelakang dan kembali lagi ke depan maka kelompok itu akan dinyatakan menang. Poin pertama ia miliki. Permainan ini terus berlanjut sesaui kesepakatan dan target kedua kelompok.
Oleh : Dedi
Dalam permaianan ini dituntut sekali kerjasama antar teman satu dan lainnya. Kemudian dalam permaianan ini juga ada istilah tim atau kelompok yang menang atau kalah.
Permainan ini bisa dimainkan minal satu kelompok dua orang. Ketangkasan berlari sangat diutamakan. Sedangkan untuk peralatan atau perlengkapan permainan cukup sederhana.
Pemain hanya butuh batas atau tanda dari kayu atau ranting kayu atau benda lainnya. Sedngakn untuk model permainan membutuhkan area permainan yang luas. Kayu atau ranting ditancapkan di tanah membuat persegi panjang.
Jarak lebar kisaran dua rentangan tangan pemain. Sedangkan panjangnya bisa tiga rentang tangan. Semakin ramai yang berpartisipasi dalam permainan ini maka keseruan dan tantangan akan tercipta.
Dalam permainan ini ada istilah satu tabong dan seterusnya. Tabong artinya point yang diperoleh setelah menyelesaikan satu sesi atau ronde dari permainan.
Untuk siapa yang menang tentu yang memiliki banyak tabong. Ke dua kelompok yang bersaing bebas menentukan mau berapa tabong yang akan dipertandingkan. Kelompok siapa yang terdahulu mengisi tabong maka dialah pemenang.
Aturan permainan :
Untuk menentukan siapa yang bermain terlebih dahulu dan yang menjaga bisa dilakukan dengan osom atau hompimpa
Yang kalah akan menjaga. Sedangkan yang menang akan bermain duluan.
Untuk yang kalah harus menjaga di setiap jarak yang telah ditentukan dengan kayu atau tanda sejenisnya di sesuaikan dengan jumlah pemain. Mereka dituntut menjaga jangan sampai batasan yang mereka tunggu dilewati lawan yang bermain duluan. Karena jika lewat maka suatu kerugian.
Sebaliknya jika dapat menangkap atau menyentuh lawan maka merekalah yang otomatis akan bermain dan mengantikan posisi lawan dan memiliki peluang mengisi poin.
Penjaga di depan, ia merupakan ketuanya yang bergerak bebas baik di posisinya di depan maupun setiap jalur amtara batas. Dituntut untuk di depan yang lincah dan jarak japaian tanganya panjang.
Para pemain di sini harus melewati setiap penjaga. Teknik dan cara bagaimana sangat bebas selama bisa melewati. Baik itu dari samping, tengah dan sebagainya.
Kedang memang dalam permainan ini sedikit mengunggu lawan atau kawan lengah untuk bisa lolos. Siapa satu di antara permain bisa melewati penjaga yang harus dari arah depan menujuu kebelakang dan kembali lagi ke depan maka kelompok itu akan dinyatakan menang. Poin pertama ia miliki. Permainan ini terus berlanjut sesaui kesepakatan dan target kedua kelompok.
Oleh : Dedi
posted from Bloggeroid
Komentar
Posting Komentar